Kamis, 15 Oktober 2020

JENIS JENIS KOPI | biji kopi robusta | pohon kopi robusta | rasa kopi robusta

 

JENIS-JENIS KOPI


1. Kopi Arabica

Kopi arabika berasal dari negara Brazil. Kopi Arabika juga spesies kopi pertama kali yang ditemukan dan dibudidayakan oleh manusia hingga saat ini.

 
kopi arabika memiliki banyak fitur morfologi tanaman sebagai berikut:
 kopi Arabika memiliki akar yang lebih dalam, daun tipis, dan tanaman percabangan fleksibel, ukuran biji kecil berwarna hijau gelap sampai merah tua. Jenis tanaman kopi ini sangat membutuhkan waktu 9 bulan untuk berbunga dan berbuah. Namun, kualitas benihnya jauh lebih baik daripada Liberika dan kopi robusta. Dan juga, kenikmatan kopi arabika terkenal memiliki aroma yang menyenangkan dan kuat. Kopi arabika sekarang sudah menguasai beberapa sebagian besar pasar kopi dunia dan harga jauh lebih tinggi daripada jenis lain dari kopi. Di Indonesia juga kita dapat menemukan jenis kopi arabika dari sabang sampai marauke.
 

2. Kopi Robusta

Kopi Robusta awalnya ditemukan disalah satu negara Kongo. jenis kopi ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 400-700 mdpl (di atas permukaan laut) dengan suhu 21sampai 24 derajat Celcius. Jenis kopi Robusta ini lebih tahan terhadap penyakit karat daun. Pada Umumnya, kopi jenis ini dibutuhkan hingga 10-11 bulan untuk proses pembuahan bunga menjadi buah.
kelemahan kopi robusta manifold ini adalah karena rasanya yang kurang stabil dan cenderung lebih pahit dari arabika tersebut. Harga jauh lebih murah daripada berjenis kopi arabika, sehingga manifold dalam kopi Indonesia juga dikenal sebagai "kopi murah" 0,3. kopi Liberika
 
 

3. Kopi Liberika

Liberica kopi berasal dari Liberia atau Afrika barat. Liberica kopi dapat tumbuh sekitar 9 meter dari permukaan tanah.
Memiliki kualitas yang relatif rendah dari buah, tetapi kopi manifold Liberika mampu berbuah sepanjang tahun dan dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah. Kopi Liberika juga pernah dibawa ke Indonesia.
 
 

4. Kopi Ekselsa

Ekselsa kopi adalah kopi yang berasal dari Afrika Barat, untuk pertama kalinya jenis kopi ini ditemukan di dekat Danau Chad. Ekselsa jenis kopi ini sangat cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah basah. Salah satu Jenis kopi ini sangat mudah dalam hal budidaya, karena kopi berjenis ekselsa tidak rentan terhadap serangan penyakit. Kopi juga bisa ditanam di lahan gambut.
 
Di Indonesia, kopi ekselsa berjenis mudah ditemukan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Provinsi Jambi, karena ada topografi di daerah ditanami kopi sangat mendukung untuk ekselsa berjenis ini. Memang harga dan kualitas jauh di bawah jenis arabika dan kopi robusta tetapi karena tanaman jenis ini tidak mudah terserang penyakit, sehingga banyak petani kopi yang menanam kopi ekselsa berjenis ini.
 
 
 
saya juga membawa produk nih guys yaitu robusta coffe precola lampung
harga perbungkus yaaa...
 
HARGA : Kopi Biji 40.000
                 Kopi Bubuk 45.000
pembuatannya murni tanpa bahan campuran
 
Silakan pilih jika anda berminat untuk membeli-!
Kopi setia menemanimu setiap hari <3
WA: 089636699347        Instagram: kopirobusta.depok      Fb: Kopirobusta.depok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar